Minggu, 11 Maret 2012


PENGGUNAAN BLOG DAN E-MAIL UNTUK MAHASISWA/I PSIKOLOGI
DINA MAHARANI      11055dina.blogspot.com
MELINA S.                   11031melinas.blogspot.com
WAHYU HABIBIE        11075wh.blogspot.com
PANGERAN JOHN P.   08087PJPOT.blog.usu.ac.id
Sebagai mahasiswa/i yang mengambil mata kuliah Psikologi Pendidikan T.A 2012/2013, kami diwajibkan untuk memiliki e-mail dan blog. Jika dilihat dari segi kegunaannya dalam proses belajar mengajar, e-mail dan blog akan sangat memberikan hasil yang positif. Berikut teori dari beberapa ahli yang jika kita lihat secara seksama memiliki hubungan. Berikut uraiannya :
1.      William James            : Mulai mengajarkan anak pada titik yang sedikit lebih tinggi diatas tingkat pengetahuan agar wawasan anak lebih luas”
Penjelasan       : Banyak masyarakat disekeliling kita yang belum begitu mengenal mail dan blog. Apalagi belajar dengan sistem e-learning. Namun, begitu mahasiswa tersebut diwajibkan memiliki mail dan blog, mahasiswa tersebut akan mencoba untuk mencari tahu. Dimulai dengan mengutak-atik blog atau mailnya, hingga ia akan mencari sumber informasi sampai ia dapat mengerti. Dapat dilakukan dengan searching di google.

2.      John Dewey     : “Anak ditempatkan sebagai pembelajar yang aktif”
Penjelasan       : Sudah tidak zamannya lagi, seorang pelajar hanya mendengarkan pendidik mejelaskan materi pelajaran didepan kelas. Masa kini yang dibutuhkan adalah mahasiswa unggulan yang aktif. Dengan adanya mail dan blog, mahasiswa juga dapat menuangkan kreatifitasnya dengan cara menghias blog. Selain itu, mahasiswa juga dapat saling sharing ilmu dengan sesama blogger lainnya.

3.      E.L. Thonrdike : “Law of effect”
Penjelasan       : yang dimaksud dengan Law of effect adalah kemungkinan perilaku tersebut akan dilakukan lagi dikemudian hari. Nah, ketika mahasiswa sudah memiliki mail dan blog, mahasiswa harus mengkonfirmasi ke dosen pengampu. Ketika dosen memberikan feedback berupa dorongan untuk terus berkreatifitas, kita dapat melihat respon dari mahasiswa seperti semakin aktifnya mahasiswa tersebut memposting di blog dan sharing ilmu di chat. Selain itu, ketika mahasiswa mendapat feedback dari blog-jumper berupa komentar ataupun masukan, mahasiswa akan semakin menikmati sistem pembelajaran yang aktif ini.
Pada masa sekarang ini hampir semua bidang kehidupan manusia tidak bisa lepas dari teknologi. Segala kecanggihan teknologi dimanfaatkan demi mendapatkan hasil yang maksimal. Demikian juga dalam bidang pendidikan. Banyak sekolah-sekolah yang menggunakan teknologi dalam meningkatkan Ilmu pengetahuan pada peserta didik.  Dalam dunia pendidikan dikenal istilah e-learning yang memiliki fungsi:
  Meningkatkan interaksi pembelajaran
  Mempermudah interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja
  Memiliki jangkauan yang lebih luas
  Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran

Mengingat kecepatan perkembangan teknologi  dalam bidang pendidikan saat ini maka perlu bagi para pengajar ataupun calon pengajar untuk menguasai teknologi tersebut. karena bagaimana peserta didik bisa menguasai jika pengajarnya tidak. Maka dari itu dalam mata kuliah psikologi pendidikan yang mengkhususkan bagaimana cara mengajar  yang baik, diwajibkan bagi setiap mahasiswa untuk memiliki akun e-mail dan blog pribadi masing-masing. Tanggapan kami, hal ini adalah hal yang baik karena mengacu kreativitas mahasiswa dalam mengekspresikan perasaannya. Selain itu juga sebagai dasar untuk mengenal teknologi lebih baik sehingga pada akhirnya mampu mengajarkannya kepada peserta didik sehingga terciptalah peserta didik yang terampil dalam Perkembangan Ilmu dan Pengetahuan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar