Rabu, 21 Maret 2012

CHARLES E. SPEARMAN



BIOGRAFI CHARLES E SPEARMAN

Charles Spearman adalah murid dari Wundt di Leipzig dan Galton di London. Ia memulai karirnya sebagai psikolog dan pada tahun 1904 ia meletakkan dasar psikonometri sebagai salah satu ilmu kuantitatif. Konsep one factor yang diusulkannya menyebkan ia memperoleh julukan “the father of factor analysis”. Teori intelegensi spearman merupakan teori faktor yang muncul dalam upayanya untuk mendeskripsikan struktur intelegensi ke dalam satu atau lebih kemampuan yang berdiri sendiri melalui analisis faktor yang membangun konstruk kemampuan. Menurut Spearman, kecerdasan ialah kemampuan umum untuk berpikir dan menimbang. Pandangan Spearmanmengenai inteligensi ini ditunjukkan dalam teorinya mengenai kemampuan mental yang populer dengan nama teori dua faktor (two factor theory).

Spearman memiliki latar belakang yang tidak biasa bagi seorang psikolog. Setelah 15 tahun bekerja sebagai perwira di Angkatan Darat Inggris ia mengundurkan diri untuk belajar dan mengambil gelar PhD dalam psikologi eksperimental.

Di Inggris, psikologi ini umumnya dipandang sebagai cabang filsafat dan Spearman yang ingin belajar di Leipzig di bawah Wilhelm Wundt , karena Spearman tidak memiliki kualifikasi konvensional dan Leipzig memiliki persyaratan masuk liberal. Dia mulai pada tahun 1897, dan setelah beberapa gangguan (dia dipanggil kembali ke tentara selama Perang Afrika Selatan ) ia memperoleh gelar sarjana pada tahun 1906. Dia telah menerbitkan makalah pada analisis faktor kecerdasan (1904). Spearman bertemu dan terkesan dengan psikolog William McDougall yang meminta Spearman untuk menggantikannya ketika ia meninggalkan posisinya di University College London . Spearman tinggal di University College sampai ia pensiun pada 1931. Awalnya ia Pembaca dan kepala laboratorium psikologi kecil. Pada tahun 1911 ia dipromosikan ke jabatan guru Grote dari Filsafat Pikiran dan Logika . Gelarnya diubah menjadi Profesor Psikologi pada tahun 1928 ketika pemisahan Departemen  Psikologi telah dibuat.

Spearman sangat dipengaruhi oleh karya Francis Galton . Galton merupakan  perintis dalam bidang psikologi dan mengembangkan  korelasi , alat statistik utama yang digunakan oleh Spearman. Dalam statistik, Spearman mengembangkan  korelasi rank (1904), versi non-parametrik korelasi Pearson konvensional, serta kedua banyak digunakan untuk koreksi atenuasi (1907), dan versi paling awal dari 'analisis faktor' (Lovie & Lovie , 1996, hal 81). Pekerjaan statistik nya tidak dihargai oleh rekannya Karl Pearson dan ada perseteruan panjang antara mereka. Meskipun Spearman mendapat pengakuan paling tinggi pada zamannya dalam bidang statistik, ia menganggap pekerjaan ini sebagai bawahan usahanya mencari hukum-hukum dasar psikologi, dan dia sekarang terkenal untuk keduanya.

Hidup Spearman mulai dan berakhir di kota London. Dia memiliki tiga anak perempuan dan satu anak, yang meninggal awal tahun 1941 di Kreta. 

TEORI INTELEGENSI

Psikolog Inggris Charles Spearman (1863-1945) menggambarkan sebuah konsep yang disebut sebagai kecerdasan umum , atau faktor g. Menurut Spearman bahwa kecakapan intelektual terdiri dari dua macam. Korelasi “g” factor dan “s“ factor dalam performance. Menurut Spearman intelegensi mengandung 2 macam faktor, yaitu:
  1. General ability atau general faktor (“g” faktor). Faktor ini terdapat pada semua individu, tetapi berbeda satu dengan yang lainnya (mendasari semua perilaku orang). Faktor ini selalu didapati dalam semua “performance”. Faktor ini umumnya berhubungan dengan Kemampuan menyelesaikan masalah atau tugas – tugas secara umum (misalnya, kemampuan menyelesaikan soal – soal matematika)
  2. Special ability atau special faktor (s faktor). Faktor ini merupakan faktor yang khusus mengenai bidang tertentu (berfungsi pada perilaku-perilaku khusus saja). Dengan demikian, maka jumlah faktor ini banyak, misalnya ada S1, S2, S3, dan sebagainya sehingga kalau pada seseorang “s” factor dalam bidang tertentu dominan, maka orang itu akan menonjol dalam bidang tersebut. Umumnya contoh dari faktor ini dapat dilihat dari kemampuan menyelesaikan masalah atau tugas - tugas secara khusus (misalnya, mengerjakan soal – soal perkalian,atau penambahan dalam matematika)

Setelah menggunakan teknik yang dikenal sebagai analisis faktor untuk untuk memeriksa sejumlah tes bakat mental, Spearman menyimpulkan bahwa skor pada tes ini sangat mirip. Orang yang memiliki kinerja yang baik pada satu tes kognitif cenderung melakukan dengan baik pada tes lain, sementara mereka yang mendapat skor buruk pada satu tes cenderung memiliki skor buruk pada tes  lain. Dia menyimpulkan bahwa kecerdasan adalah kemampuan umum kognitif yang dapat diukur dan dinyatakan secara numerik.

Spearman berspekulasi bahwa jika semua tes mental berkorelasi positif harus ada beberapa variabel umum atau faktor yang menghasilkan korelasi positif. Pada tahun 1904 Spearman menerbitkan  artikel yang menggunakan metode statistik untuk menunjukkan bahwa korelasi positif antara tes mental memang dihasilkan dari faktor pokok umum. Metode ini dikenal sebagai analisis faktor. Dengan Menggunakan faktor analisis Spearman percaya akan ada kemungkinan untuk mengidentifikasi kelompok tes yang mengukur kemampuan umum. Berdasarkan teknik analisis faktor Charles Spearman menyatakan bahwa faktor derek langsung dapat mempengaruhi skor individu pada tes mental.Dia menyebutnya faktor pertama kecerdasan umum atau faktor umum" (Encarta.msn, 2006). Faktor umum yang mewakili semua tes mental karena memiliki kesamaan. Skor pada semua tes berkorelasi positif. Dia percaya bahwa hal ini  di karenakan  semua tes digambarkan pada faktor umum. Faktor Kedua Charles Spearman adalah faktor tertentu. Faktor spesifik yang berhubungan dengan kemampuan apapun yang unik,  tes tertentu diperlukan sehingga tes yang satu berbeda dari tes yang lain. Spearman dan para pengikutnya lebih menekankan pada kecerdasan umum dari pada faktor tertentu.

daftar pustaka
Diposkan oleh 11-101 yunita di 22:05 0 komentar http://img2.blogblog.com/img/icon18_edit_allbkg.gif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar