Nama anggota kelompok :
Kedudukan psikologi sekolah dalam ilmu psikologi
Peran
psikologi sangatlah penting dalam ilmu psikologi. Karena Psikologi
sekolah berusaha untuk menciptakan situasi yang mendukung bagi anak
didik dalam mengembangkan kemampuan akademik,
sosialisasi, dan emosi. Yang bertujuan untuk membentuk mind set anak.
Psikologi sekolah juga dapat berperan sebagai konselor, memberikan
saran-saran dan pertimbangan dalam penyusunan kurikulum dan program
sekolah dengan memperhatikan dan menerapkan prinsip-prinsip psikologi
dalam bidang pendidikan.
Perbedaan psikologi sekolah dan psikologi pendidikan
Psikologi
sekolah membahas area yang lebih sempit jika dibandingkkan dengan
psikologi sekolah. Psikologi sekolah mempelajari masalah belajar dan
emosional pada tiap anak. Sedangkan dalam Psikologi Pendidikan yang
pelajari lebih bersifat umum dan berfokus pada proses belajar dan
mengajar, misalnya dengan melakukan riset tentang metode pendidikan atau
pengajaran dan membantu membimbing para guru dan ahli psikologi
sekolah.
Fungsi sekolah sbg agen perubahan
Para
pendidik menaruh kepercayaan yang besar akan kekuasaan pendidikan dalam
membuat suatu perubahan oleh karena itu setiap anak diharapkan memasuki
sekolah dan dapat diberikan ide-ide baru tentang masyarakat yang lebih
indah dan harmonis. Sekolah dapat merekomendasi atau mengubah dan
membentuk kembali masyarakat baru.Pendidikan berfungsi untuk menyampaikan, meneruskan atau menstransmisi kebudayaan. Perubahan
yang asasi tak akan terjadi tanpa persetujuan pihak yang berkuasa dan
masyarakat. Sistem pendidikan adalah alat yang ampuh mengintrodusir
generasi muda agar menciptakan suatu masyarakat menurut keinginan mereka
yang mengontrolnya. Perubahan kekuasaan dalam suatu negara misalnya
oleh golongan yang menganut ideologi lain akan memanfaatkan sekolah
sebagai alat untuk membangun masyarakat baru menurut ideologi mereka.
Untuk itu mereka selanjutnya harus cukup lama memegang kekuasaan untuk
mengindoktrinasi rakyat seluruhnya secara tuntas.Hubungan
pendidikan dengan perubahan punya keterkaitan karena dengan adanya
perubahan dalam pendidikan itu berarti bahwa perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi akan mengalami peningkatan. Akan tetapi tidak
selamanya perubahan itu akan diterima begitu saja.
Metode yang digunakan dalam sistem pengajaran Sekolah
a. Metode Ceramah (Preaching Method)
Metode
ceramah yaitu sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan
pengetahuan saecara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya
mengikuti secara pasif. Muhibbin Syah, (2000). Metode ceramah dapat
dikatakan sebagai satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk
menyampaikan informasi, dan paling efektif dalam mengatasi kelangkaan
literatur atau rujukan yang sesuai dengan jangkauan daya beli dan paham
siswa.
b. Metode diskusi ( Discussion method )
Muhibbin
Syah ( 2000 ), mendefinisikan bahwa metode diskusi adalah metode
mengajar yang sangat erat hubungannya dengan memecahkan masalah (problem
solving). Metode ini lazim juga disebut sebagai diskusi kelompok (group
discussion) dan resitasi bersama ( socialized recitation ).
c. Metode demontrasi ( Demonstration method )
Metode
demonstrasi adalah metode mengajar dengan cara memperagakan barang,
kejadian, aturan, dan urutan melakukan suatu kegiatan, baik secara
langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan
pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan. Muhibbin Syah (
2000).Metode demonstrasi adalah metode yang digunakan untuk
memperlihatkan sesuatu proses atau cara kerja suatu benda yang berkenaan
dengan bahan pelajaran. Syaiful Bahri Djamarah, ( 2000).
d. Metode atau strategi belajar yang digunakan oleh individu (Sukadji, 2001).
Banyak
sekali metode dalam pembelajaran yang diterapkan saat ini, baik oleh
individu, maupun oleh lembaga pendidikan. Salah satu metode pembelajaran
yang saat ini banyak diterapkan oleh individu dalam proses belajarnya,
yaitu metode Quantum Learning. Metode Quantum Learning merupakan metode
yang berusaha untuk mengubah belajar yang berbeda dibandingkan dengan
metode belajar pada umumnya. Dalam Quantum Learning diupayakan
menyertakan segala kaitan, interaksi, dan perbedaan yang dapat
memaksimalkan proses belajar. Manfaat metode Quantum Learning adalah
meningkatkan peran sebagai pelajar yang memikul tanggung jawab pada diri
sendiri sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dengan belajar
sedapat mungkin dari setiap situasi dan memanfatkannya untuk diri
sendiri dan orang-orang yang didekatnya. Aspek-aspek dalam model
pembelajaran Quantum Learning ini meliputi: Lingkungan belajar, Memiliki
sikap positif, Gaya Belajar, Teknik Mencatat, Teknik Menulis, Kekuatan
Ingatan, Kekuatan Membaca, dan Berpikir Kreatif (Deporter, 2002).
Permasalahan yang terjadi di sekolah & solusi pemecahan masalah
Dalam
setiap kehidupan manusia pasti ada masalah dan solusi pemecahan
masalah. Seperti halnya di sekolah. Adapun beberapa masalah yang ada di
sekolah seperti antara lain : Tawuran, Narkoba, Seks diluar sekolah, Sering Cabut, pergaulan bebas, dll.
Adapun
solusi-solusi terhadap masalah tersebut antara lain dengan mengambil
guru bimbingan dan konseling di sekolah yaitu dengan mengambil guru yang
memang berasal dari background pendidikan bimbingan dan konseling
dimana guru tersebut lebih memahami tentang psikologi pendidikan dan
sekolah. Bimbingan
dan konseling tidak hanya menangani para siswa yang nakal saja, akan
tetapi juga menjadi pencegah dan memberi solusi pemecahan masalah. Bimbingan
dan konseling juga harus mampu untuk mendiagnosis permasalah yang di
alami oleh siswa, karena hal tersebut akan mempermudah bimbingan dan
konseling untuk dapat mengatasi dan memecahkan permasalahan. Bimbingan
dan koseling juga harus dapat saling berkoordinasi dengan beberapa
elemen yang berda di sekolah, dari kepala sekolah, wali kelas, guru-guru
mata pelajaran serta orang tua murid. Bimbingan
dan konseling harus mempunyai pendekatan terhadap para siswa disekolah
yaitu: pendekatan secara tradisional, pendekatan development, dan
pendekatan neotradisional. Bimbingan
dan konseling juga harus mempunyai taknik-taknik, yaitu taknik secara
kelompok maupun taknik secara individual. Pengunaan teknik-teknik
tersebut akan membantu dalam proses bimbingan dan konseling.
Peran Psikolog Sekolah
v Fungsi
instruksinal, sebagai umpan balik bagi guru dan siswa, atas
keberhasilan atau kegagalan dalam pelajaran atau keperluan perbaikan
proses pengajaran.
v Fungsi
adminisrtatif, meliputi; seleksi dan penempatan sebagai sarana untuk
menaring siswa dalam memenuhi prasyarat yang dibutuhkan atau memasukkan
siswa dalam tingkat kelas tertentu,.
v Fungsi
bimbingan,tes juga dapat dijadikan sebagai alat diagnostic
psikoedukasional dalam bentuk bimbingan,yang dapat digunakan saat
memilih jurusan diperguruan tinggi, menemukan kemampuan-kemampuan yang
belum tampak sebelumnya.
v Pelaksanaan tes
v Melakukan wawancara dengan siswa, guru, orangtua, serta orang-orang yang terlibat dalam pendidikan siswa
v Observasi siswa di kelas, tempat bermain, serta dalam kegiatan sekolah lainnya
v Mempelajari data kumulatif prestasi belajar siswa.
Hal-hal yang diberikan dalam kaitannya layanan psikolog sekolah
v Tingkat I (psikodiagnostik);
meliputi pelayanan tes kecerdasan, kemudian pemberian laporan tertulis
yang memberi gambaran kelemahan dan kekuatan yang terungkap oleh tes
tersebut.
v Tingkat II (klinis
dan konseling); perhatian psikolog sekolah terhadap anak didik bersifat
menyeluruh, yang mana membantu pihak sekolah dalam menyelesaikan
berbagai masalah kesmen yang dihadapi anak. Pada tingkat ini peran
psikolog erat dengan masalah kelompok dalam kelas dan masalah yang
berkaitan dengan kelas.
v Tingkat III (indusrti
dan organisasi); dalam hal ini psikolog ikut terlibat dalm tindakan
yang menyangkut kebijakan dan prosedur sekolah, dalam pengembangan dan
evaluasi program serta pelayanan sekolah,dapat berupa; supervisi,
pendidikan, konsulatan bagi kariawan edukatif maupun nonedukatif
(membantu malakukan seleksi, penempatan, serta urusan-urusan personalia
lain), dan bekarja sama dengan ahli-ahli lain dalam masyarakat.
Perbedaan Psikolog Sekolah dan Psikolog PENDIDIKAN DAN GURU BK
Sumber :
www.unikeduplus.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar